Cara Menyusun Instrumen Penelitian - Instrumen-instrumen penelitian dalam bidang sosial umumnya dan khususnya, bidang pendidikan khususnya yang sudah baku sulit ditemukan. Untuk itu maka para peneliti harus membuat instrumen yang akan digunakan untuk penelitian. Titik tolak dari penyusunan adalah variabel-variabel penelitian yang ditetapkan untuk diteliti. Dari variabel-variabel tersebut diberikan definisi operasionalnya, dan selanjutnya ditentukan indicator yang akan diukur, dari indikator ini kemudian dijabarkan menjadi butir-butir pertanyaan atau pernyataan. Untuk memudahkan penyusunan instrumen, maka perlu digunakan “matrik pengembangan instrumen” atau “kisi-kisi instrumen”. Sebagai contoh misalnya variabel penelitiannya “tingkat kekayaan” indikator kekayaan misalnya: rumah, kendaraan, tempat belanja, pendidikan, jenis makanan yang sering dimakan, jenis olahraga yang dilakukan dan sebagainya. Untuk indikator rumah, bentuk pertanyaannya misalnya: 1) berapa jumlah rumah, 2) dimana letak rumah, 3) berapa luas masing-masing rumah, 4) bagaimana kualitas bangunan rumah dan sebagainya.
Cara Menyusun Instrumen Penelitian |
1. Bentuk Instrumen
Instrumen tes bersifat mengukur, karena berisi pertanyaan atau pernyataan yang alternatif jawabanya memiliki standar jawaban tertentu, benar-salah ataupun skala jawaban. Instrumen yang berisi jawaban benar-salah, dapat berbentuk tes pilihan jamak (multiple choice), benar-salah (true false), menjodohkan (matching choice), jawaban singkat (short answer) ataupun tes isian (completion test). Instrumen yang berisi jawaban skala, mengikuti bentuk skala sikap dari likert, berupa pertanyaan atau pernyataan yang jawabannya berbentuk skala deskriptif ataupun skala garis.
Contoh skala
deskriptif
1.
Kesungguhan belajar BS B C K KS
2.
Kemampuan menyatakan pendapat BS B C K KS
3.
Kemampuan menganalisis masalah BS B C K KS
Instrumen
penelitian yang bersifat menghimpun, dapat berbentuk pertanyaan atau pernyataan
dengan jawaban berstruktur atau terbuka.
Contoh pertanyaan/pernyataan dengan
jawaban berstruktur
(1) Siapa
yang dilibatkan dalam penyusunan rencana pembinaan guru?
a. Kepala
sekolah
b. Ketua
komite sekolah
c. Pengurus
komite sekolah
d. Wakil-wakil
dari guru
Instrumen
berbentuk pertanyaan/pernyataan dengan jawaban terbuka, dapat dibedakan antara
yang jawabannya terbuka sama sekali dengan yang jawabannya diarahkan pada hal-hal
tertentu.
Contoh dari pertanyaan/pernyataan yang
jawabannya sangat terbuka
(1) Bagaimana
anda merencanakan kegiatan pembinaan gur?
(2) Bagaimana
and melaksanakan kegiatan pembinaan guru?
Contoh pertanyaan/penyataan dengan
jawaban lebih terarah
(1)
Bagaimana anda merencanakan pembinaan
guru?
a. Apa
tujuan pembinaan?
b. Segi-segi
apa yang dibina?
c. Bagaimana
cara pembinaannya?
d. Siapa
yang dilibatkan dalam pembinaan tersebut?
1.
Bentuk Data
a.
Instrumen Tes
Dengan instrumen
berbentuk tes atau instrumen yang bersifat mengukur dapat diperoleh data
kuantitatif ordinal, interval dan rasio. Pada contoh macam-macam alat hiburan
yang dimiliki, diperoleh data ordinal berikut:
Alat
Hiburan Angka
ranking
a)
Radio 1
b)
Radio
kaset, 2
c)
Tv
ukuran kecil (14 inci), 3
d)
Tv
ukuran sedang (16-17 inci), 4
e)
Tv
ukuran besar (21 inci ke atas) 5
Angka-angka
tersebut menunjukkan ranking atau peringkat, karena jarak nilai harga atau
bobot antara alat-alat hiburan tersebut tidak sama, walaupun jarak angka
rankingnya sama. Angka ranking dapat dijumlahkan atau dirata-ratakan tetapi
angka akhir tetap menunjukkan ranking.
Angka ranking bisa menjadi skor/interval bila jarak antara kelompok yang
diranking sama, seperti pada contoh gaji pegawai:
Gaji pegawai
dalam rentang skala lima ratus ribuan Angka Interval
a) Rp
500.000 kebawah 1
b) Rp
501.000 sampai Rp 1.000.000, 2
c) Rp
1.001. 000 sampai Rp 1.500.000, 3
d) Rp
1.501.000 sampai Rp 2. 000.000, 4
e) Rp
2.001.000 ke atas 5
Angka interval merupakan skor,
karena jarak interval gaji tersebut sama (lima ratus ribuan), sehingga jarak
intervalnya pun sama. Angka interval ini bisa dijumlahkan, dirata-ratakan untuk
kemudian dianalisis dengan statistik inferensial parametric. Contoh skala
deskriptif dan skala garis pada pertemuan 6 s.d. 8 juga sebenarnya merupakan
skala ordinal, bisa diubah menjadi skala interval setelah mengikuti perhitungan
tertentu (akan dijelaskan kemudian), dan berdasarkan hasil perhitungan tersebut
jarak skor/angka antar jawaban tersebut sama.
Contoh Skala Deskriptif
Pernyataan: Angka
skala interval:
5 4 3 2 1
a)
Kesungguhan
belajar BS B C K KS
b) Kemampuan
menyatakan pendapat BS B C K KS
c) Kemampuan
menganalisis masalah BS B C K KS
Labels:
Metode Penelitian
Thanks for reading Cara Menyusun Instrumen Penelitian. Please share...!
Wow, ini artikel yang saya cari. terima kasih ya. sangat menginspirasi tulisan saya tentang cara mudah menyusun instrumen penelitian yang baik dan benar dalam blog saya tipepedia. maen maen di blog saya juga ya :D. artikel bener keren
BalasHapus